Post Sumatera                            KAI Daop 2 Bandung Siapkan Sejumlah Petugas untuk Menjaga Keamanan, Keselamatan, dan Kenyamanan Perjalanan Kereta Api pada Masa Angkutan Nataru 2025/2026

 

KAI Daop 2 Bandung Siapkan Sejumlah Petugas untuk Menjaga Keamanan, Keselamatan, dan Kenyamanan Perjalanan Kereta Api pada Masa Angkutan Nataru 2025/2026

- Penulis

Selasa, 9 Desember 2025 - 18:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menjelang masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, KAI Daop 2 Bandung meningkatkan kesiapan operasional dengan menyiagakan ratusan petugas tambahan yang ditempatkan di berbagai titik strategis, baik di stasiun, jalur rel, maupun dalam perjalanan kereta api. Langkah ini diambil untuk memastikan perjalanan masyarakat berjalan aman, selamat, dan nyaman.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, mengatakan bahwa masa Angkutan Nataru merupakan periode layanan dengan frekuensi tinggi sehingga penguatan pengawasan, keamanan, dan kesiapsiagaan menjadi prioritas utama.

“Seluruh jajaran Daop 2 Bandung telah melakukan berbagai persiapan, termasuk menambah jumlah petugas di lapangan. Kami berkomitmen memberikan layanan yang aman, selamat, dan nyaman kepada seluruh pelanggan,” ujar Kuswardojo.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan KA, KAI Daop 2 Bandung menyiapkan total 154 petugas Jalan Rel dan Jembatan Ekstra dan menyiagakan total 770 personel keamanan. Dari petugas Jalan Rel dan Jembatan Ekstra terdiri dari:

– Petugas Pemeriksa Jalur Ekstra sebanyak 58 petugas

– Petugas Pintu Perlintasan (PJL) Ekstra sebanyak 63 petugas

– Petugas Penjagaan Daerah Pantauan Khusus (Dapsus) Ekstra sebanyak 33 petugas.

Serta petugas keamanan terdiri dari:

– Polsuska dan Security sebanyak 682 personel

– Pengamanan kewilayahan yang terdiri dari Babinkamtibmas, Babinsa, dan Brimob sebanyak 20 personel

– Pengamanan Eksternal dari Denpom, Lanal, dan K-9 sebanyak 68 personel

Seluruh petugas akan melakukan penjagaan 24 jam, baik di stasiun, sepanjang jalur rel, dan di perjalanan kereta untuk menjaga kondisi perjalanan tetap aman dan nyaman.

Baca Juga:  Bawaslu Sumut Memanggil 25.233 Putra/Putri Menjadi Pengawas TPS

Untuk memastikan aspek kesehatan pelanggan tetap terlayani dengan baik selama periode Nataru, KAI Daop 2 Bandung juga menyediakan sejumlah fasilitas kesehatan, yaitu:

– Posko kesehatan di 12 stasiun, yakni: Bandung, Kiaracondong, Cimahi, Padalarang, Cibatu, Garut, Tasikmalaya, Banjar, Purwakarta, Cianjur, Cicalengka, dan Rancaekek.

– Sejumlah Personel Dokter Umum dan Paramedis.

– Sejumlah Rumah Sakit Provider yang menjadi mitra layanan kesehatan.

Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, KAI Daop 2 Bandung juga menyiagakan 14 petugas Customer Service Mobile (CSM) yang ditempatkan di empat stasiun, yaitu Cimahi, Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya. Petugas CSM ini bertugas memberikan layanan informasi, membantu layanan pelanggan yang membutuhkan, serta membantu kelancaran pelanggan di stasiun.

“Seluruh langkah ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memastikan pelayanan terbaik selama masa Angkutan Nataru 2025/2026. Kami mengajak masyarakat agar tetap mematuhi aturan dan mengikuti arahan petugas demi kelancaran dan keselamatan bersama,” tutup Kuswardojo.

KAI Daop 2 Bandung mengimbau pelanggan untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan membeli tiket hanya melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi booking.kai.id, atau mitra penjualan tiket resmi lainnya.

Tentang Daop 2 Bandung

PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan penyedia jasa layanan transportasi berbasis rel di Indonesia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung merupakan salah satu daerah operasi KAI yang melayani perjalanan kereta api di wilayah Jawa Barat bagian tengah hingga timur.

Press release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow WhatsApp Channel postsumatera.id untuk update berita terbaru setiap hariFollow

Berita Terkait

Navigasi Regulasi Sektoral di Indonesia: Panduan Penting bagi Pendiri Asing yang Masuk ke Pasar 2025
Inspeksi Jalur KA Jelang Nataru 2025/2026 Selesai, KNKT dan KAI Tekankan Keselamatan Tanpa Kompromi untuk Mobilitas Nasional
SNIFROG, Dorong Ekonomi Kreatif ala “Rawa Digital”
LindungiHutan Rilis E-book “Do’s and Don’ts Implementasi CSR Lingkungan” untuk Perusahaan yang Ingin Membangun Strategi Keberlanjutan yang Kredibel
EQUITEN Buka Akses Pendanaan Efisien bagi UKM dan Bisnis Menengah Indonesia
Sucofindo Siap Dukung Transformasi Hijau Melalui Energi Alternatif Untuk Tekan Laju Emisi Berkelanjutan
Arumi Hilwani Siregar Siswi MIS Bina Keluarga Harumkan Indonesia di Kejuaraan Internasional Thailand
Selamat Hari Disabilitas Internasional 2025, KAI Hadirkan Diskon 20% bagi Pelanggan Penyandang Disabilitas
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 9 Desember 2025 - 18:57 WIB

KAI Daop 2 Bandung Siapkan Sejumlah Petugas untuk Menjaga Keamanan, Keselamatan, dan Kenyamanan Perjalanan Kereta Api pada Masa Angkutan Nataru 2025/2026

Selasa, 9 Desember 2025 - 18:43 WIB

Navigasi Regulasi Sektoral di Indonesia: Panduan Penting bagi Pendiri Asing yang Masuk ke Pasar 2025

Selasa, 9 Desember 2025 - 18:23 WIB

Inspeksi Jalur KA Jelang Nataru 2025/2026 Selesai, KNKT dan KAI Tekankan Keselamatan Tanpa Kompromi untuk Mobilitas Nasional

Selasa, 9 Desember 2025 - 18:08 WIB

SNIFROG, Dorong Ekonomi Kreatif ala “Rawa Digital”

Selasa, 9 Desember 2025 - 17:29 WIB

LindungiHutan Rilis E-book “Do’s and Don’ts Implementasi CSR Lingkungan” untuk Perusahaan yang Ingin Membangun Strategi Keberlanjutan yang Kredibel

Berita Terbaru

News

SNIFROG, Dorong Ekonomi Kreatif ala “Rawa Digital”

Selasa, 9 Des 2025 - 18:08 WIB