Post Sumatera                            KAI Daop 6 Yogyakarta Tegaskan Komitmen Layanan Inklusif untuk Seluruh Pelanggan

 

KAI Daop 6 Yogyakarta Tegaskan Komitmen Layanan Inklusif untuk Seluruh Pelanggan

- Penulis

Selasa, 14 Oktober 2025 - 07:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan layanan transportasi publik yang inklusif dan setara bagi seluruh pelanggan. Upaya ini diwujudkan melalui penyediaan berbagai fasilitas ramah difabel di sejumlah stasiun yang berada di wilayah kerja Daop 6.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih mengatakan bahwa hingga saat ini, terdapat 12 stasiun di wilayah Daop 6 yang telah menyediakan fasilitas aksesibilitas bagi pelanggan dengan kebutuhan khusus. Beberapa di antaranya adalah Stasiun Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Purwosari, Solo Jebres, Sragen, Kadipiro, Kedundang, BIAS, Kemiri, Masaran, dan Kebonromo yang telah dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti loket difabel, ruang laktasi, guiding block, serta toilet umum difabel.

Daop 6 Yogyakarta mencatat memiliki:

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

• 5 loket difabel di stasiun pelayanan penumpang besar dan menengah,

• 9 ruang laktasi yang tersebar di berbagai stasiun,

• 12 guiding block sebagai panduan jalur bagi penumpang dengan disabilitas penglihatan,

• serta 22 unit toilet umum difabel, mencakup wastafel dan WC di berbagai zona layanan.

Feni menambahkan, langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan KAI Daop 6 Yogyakarta untuk memastikan bahwa seluruh pelanggan, termasuk penyandang disabilitas, ibu menyusui, dan lansia, dapat menikmati perjalanan dengan aman, nyaman, dan setara.

Baca Juga:  Ini Beberapa Item Temuan LHP BPK RI 2024 APBD 2023 di Bapenda Pemprov Sumut, Salah Satunya Ketidaksesuaian Spesifikasi Pengadaan 7 Unit Laptop

“Kami percaya bahwa layanan transportasi publik harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. KAI Daop 6 Yogyakarta berkomitmen untuk terus memperluas dan menyempurnakan fasilitas inklusif di seluruh stasiun, agar setiap pelanggan merasa dihargai dan dipermudah dalam perjalanannya,” ujar Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih.

Selain peningkatan fasilitas fisik, KAI juga secara konsisten memberikan pelatihan pelayanan inklusif bagi petugas frontliner agar mampu memberikan bantuan yang tepat, ramah, dan profesional kepada pelanggan dengan kebutuhan khusus.

Feni menambahkan bahwa umpan balik dari pelanggan menjadi bagian penting dalam proses peningkatan kualitas layanan di masa mendatang.

“Masukan dari pelanggan adalah bahan berharga bagi kami dalam menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan berkesan bagi semua pengguna jasa,” tambahnya.

Melalui komitmen ini, KAI Daop 6 Yogyakarta berharap dapat terus menjadi bagian dari sistem transportasi publik yang ramah, manusiawi, dan inklusif, sejalan dengan semangat KAI untuk “Semakin Melayani” seluruh pelanggan di berbagai lapisan masyarakat.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow WhatsApp Channel postsumatera.id untuk update berita terbaru setiap hariFollow

Berita Terkait

Persiapan Layani Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, DJKA dan KAI Daop 8 Surabaya Gelar Ramp Check Sarana Kereta Api
India dan Indonesia Perkuat Kerja Sama Demokrasi Melalui Program Pemantau Pemilu Internasional 2025
Kementerian PU Siapkan Anggaran Tanggap Darurat Bencana Tahun 2025 Sebesar Rp351,83 Miliar, Tiga Pilar Utama Jadi Fokus
Pemprov Sumut Dorong Pembentukan Ranperda Tingkatkan Kapasitas BUMD
Gubernur Bobby Dinilai Mampu Wujudkan Kesetaraan Pendidikan d Sumut
Kanwil Kemenag Sumut Raih Peringkat 3 Nasional Pengumpul Wakaf Uang
Terima Kunjungan Banggar DPR RI,Gubernur Sumut Bobby Nasution Minta Transfer ke Daerah 3T Jadi Perhatian
Tiga Perusahaan Jakarta Pengadaan Smartboard ke SMP Negeri Kota Tebing Tinggi Digeledah Pidsus Kejati Sumut
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 12 November 2025 - 22:11 WIB

Persiapan Layani Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, DJKA dan KAI Daop 8 Surabaya Gelar Ramp Check Sarana Kereta Api

Rabu, 12 November 2025 - 22:08 WIB

India dan Indonesia Perkuat Kerja Sama Demokrasi Melalui Program Pemantau Pemilu Internasional 2025

Rabu, 12 November 2025 - 22:06 WIB

Kementerian PU Siapkan Anggaran Tanggap Darurat Bencana Tahun 2025 Sebesar Rp351,83 Miliar, Tiga Pilar Utama Jadi Fokus

Rabu, 12 November 2025 - 21:48 WIB

Pemprov Sumut Dorong Pembentukan Ranperda Tingkatkan Kapasitas BUMD

Rabu, 12 November 2025 - 17:40 WIB

Kanwil Kemenag Sumut Raih Peringkat 3 Nasional Pengumpul Wakaf Uang

Berita Terbaru