Post Sumatera                            Stasiun Lamongan Layani Lebih dari 200 Ribu Pelanggan di Triwulan III 2025: Mobilitas Naik, Ekonomi Daerah Ikut Bergerak

 

Stasiun Lamongan Layani Lebih dari 200 Ribu Pelanggan di Triwulan III 2025: Mobilitas Naik, Ekonomi Daerah Ikut Bergerak

- Penulis

Kamis, 23 Oktober 2025 - 01:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatatkan kinerja positif di Stasiun Lamongan hingga Triwulan III tahun 2025. Sepanjang periode Januari hingga September 2025, Stasiun Lamongan telah melayani total 200.620 pelanggan, terdiri atas 100.197 pelanggan naik dan 100.423 pelanggan turun.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan sebesar 3,7 persen dibanding periode yang sama tahun 2024 yang mencapai 193.497 pelanggan. Peningkatan ini menjadi bukti bahwa mobilitas masyarakat Lamongan dan sekitarnya terus tumbuh, seiring dengan meningkatnya kepercayaan terhadap transportasi kereta api yang efisien, tepat waktu, nyaman, dan ramah lingkungan.

Dari data bulanan, puncak mobilitas terjadi pada Juni dan Juli 2025, yang bertepatan dengan masa libur sekolah dan periode angkutan libur panjang. Pada bulan Juni saja, jumlah pelanggan mencapai lebih dari 28 ribu orang, menjadi salah satu volume tertinggi sepanjang tahun.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Capaian ini menunjukkan bahwa layanan KAI semakin diminati oleh masyarakat Lamongan. Kereta api kini bukan sekadar sarana transportasi, tetapi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern yang mengutamakan kenyamanan, ketepatan waktu, dan keberlanjutan,” ujar Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya.

KAI Daop 8 Surabaya terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih baik di Stasiun Lamongan. Sejumlah peningkatan dilakukan, mulai dari penataan area pelayanan pelanggan, penyempurnaan ruang tunggu yang lebih nyaman dan digitalisasi sistem tiket.

“KAI ingin setiap perjalanan pelanggan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Peningkatan fasilitas dan layanan digital kami lakukan sebagai wujud komitmen untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang,” tambah Luqman.

Baca Juga:  Harga Emas Ngamuk! Pecah Rekor USD 3.685, Apa Langkah The Fed Selanjutnya?

Sebagai salah satu stasiun penting di jalur pantai utara Jawa Timur, Stasiun Lamongan memiliki peran strategis dalam mendukung mobilitas masyarakat komuter dan perjalanan antarkota. Aktivitas keluar masuk pelanggan di stasiun ini turut memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah, sektor perdagangan, dan geliat UMKM lokal.

“Stasiun Lamongan tidak hanya menjadi titik keberangkatan dan kedatangan, tetapi juga penggerak ekonomi daerah. Perputaran aktivitas pelanggan di sekitar stasiun berkontribusi terhadap tumbuhnya sektor jasa, kuliner, dan perdagangan masyarakat,” jelas Luqman.

KAI Daop 8 Surabaya terus berkomitmen memperkuat keandalan operasional dan keselamatan perjalanan dengan melakukan perawatan sarana dan prasarana secara berkala, meningkatkan kompetensi petugas, serta menggelar sosialisasi keselamatan perkeretaapian di berbagai wilayah kerja, termasuk Lamongan.

“Kami memastikan seluruh pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik dari awal hingga akhir perjalanan. Keandalan operasional dan kepuasan pelanggan akan selalu menjadi prioritas utama kami,” tegas Luqman.

Capaian positif Stasiun Lamongan di Triwulan III 2025 ini semakin menegaskan peran KAI Daop 8 Surabaya dalam memperkuat konektivitas transportasi di Jawa Timur. KAI berkomitmen untuk terus menjadi mitra mobilitas hijau bagi masyarakat dengan menghadirkan layanan yang efisien, nyaman, dan berkelanjutan.

“KAI akan terus berinovasi untuk menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi masyarakat. Setiap perjalanan dengan kereta api bukan hanya efisien dan menyenangkan, tetapi juga berkontribusi bagi lingkungan yang lebih baik,” tutup Luqman.

About PT KAI Daop 8 Surabaya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya merupakan penyedia jasa transportasi kereta api.

Press Release ini juga sudah tayang diVRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow WhatsApp Channel postsumatera.id untuk update berita terbaru setiap hariFollow

Berita Terkait

UBP Jatigede Gelar Empower Roadshow ke Universitas Sebelas April untuk Transisi Energi
KAI Logistik Catat Pengiriman Lebih Dari 116 Ribu Hewan Peliharaan Hingga Triwulan III Tahun 2025
KAI Logistik Catat Pertumbuhan Positif Layanan Kurir KALOG Express Sepanjang 2025
Holding Perkebunan Nusantara Dukung Gerakan Hijau, PTPN I Bagikan Bibit Bambu di Rekkam Art Festival 2025
Direktur Utama KAI Tinjau Balai Yasa dan Dipo Manggarai, Perkuat Keselamatan dan Kesiapan Sarana Jelang Nataru
Cara Membuat Target Keuangan Tahunan yang Tidak Sekadar Wacana
Transaksi Produk Komoditas PTPN Group Capai USD 2,3 Miliar di Trade Expo Indonesia 2025
PT KAI Divre IV Tanjungkarang Raih Nilai Tinggi dalam Survei Kepuasan Pelanggan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 31 Oktober 2025 - 06:26 WIB

UBP Jatigede Gelar Empower Roadshow ke Universitas Sebelas April untuk Transisi Energi

Jumat, 31 Oktober 2025 - 05:36 WIB

KAI Logistik Catat Pengiriman Lebih Dari 116 Ribu Hewan Peliharaan Hingga Triwulan III Tahun 2025

Jumat, 31 Oktober 2025 - 04:49 WIB

KAI Logistik Catat Pertumbuhan Positif Layanan Kurir KALOG Express Sepanjang 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:53 WIB

Holding Perkebunan Nusantara Dukung Gerakan Hijau, PTPN I Bagikan Bibit Bambu di Rekkam Art Festival 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:50 WIB

Direktur Utama KAI Tinjau Balai Yasa dan Dipo Manggarai, Perkuat Keselamatan dan Kesiapan Sarana Jelang Nataru

Berita Terbaru