Post Sumatera                            Wujud Tanggung Jawab kepada Pelanggan, KAI Daop 4 Layani Refund Tiket 4 Ribuan Pelanggan selama Gangguan Imbas Genangan Air di Jalur Semarang Tawang - Alastua

 

Wujud Tanggung Jawab kepada Pelanggan, KAI Daop 4 Layani Refund Tiket 4 Ribuan Pelanggan selama Gangguan Imbas Genangan Air di Jalur Semarang Tawang – Alastua

- Penulis

Kamis, 6 November 2025 - 03:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebagai bentuk tanggung jawab kepada pelanggan yang terdampak akibat genangan air di jalur kereta api lintas Semarang Tawang – Alastua, KAI Daop 4 Semarang telah melayani proses pengembalian bea tiket (refund) kepada 4.180 pelanggan dari Selasa (28/10) hingga Kamis (30/10) pukul 15.00 WIB.

Genangan air yang terjadi di kilometer 2+3 s.d. 3+0 petak Jalan Semarang Tawang – Alastua menyebabkan sejumlah perjalanan kereta api mengalami gangguan operasional. Meskipun demikian, KAI Daop 4 Semarang memastikan seluruh layanan kepada pelanggan tetap diberikan secara optimal, termasuk pemberian opsi refund penuh bagi pelanggan yang memilih untuk membatalkan perjalanannya.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyampaikan bahwa refund dapat dilakukan oleh para pelanggan yang terdampak hingga H+7 dari jadwal keberangkatan di seluruh stasiun online KAI. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan di tengah kondisi darurat.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Refund ini merupakan wujud nyata tanggung jawab kami kepada pelanggan. KAI berupaya memastikan setiap hak pelanggan tetap terpenuhi, baik bagi yang membatalkan perjalanan maupun yang tetap melanjutkan perjalanan dengan pengaturan khusus,” jelas Franoto.

Baca Juga:  KAI Logistik Wujudkan Komitmen Green Logistics Melalui Transparansi Jejak Karbon di Invoice Pelanggan

Franoto menambahkan selain memberikan layanan pengembalian bea tiket, pada periode tersebut KAI Daop 4 Semarang juga melakukan upaya overstapen. Dengan overstapen ini penumpang dipindahkan dari satu kereta api ke kereta api lainnya menggunakan angkutan bus, atau penumpang KA di alihkan perjalanannya menggunakan angkutan bus menuju ke stasiun tujuannya. Hingga saat ini, total 3.041 penumpang telah difasilitasi melalui mekanisme overstapen tersebut.

Tidak hanya itu, selama gangguan imbas genangan ini, KAI juga telah menyalurkan service recovery kepada total 23.367 penumpang yang terdampak. Service recovery diberikan sesuai ketentuan pelayanan minimum yang ditetapkan oleh regulator.

“Kami memahami kondisi ini tidak nyaman bagi pelanggan. Oleh karena itu, selain menjaga keselamatan perjalanan sebagai prioritas utama, kami juga memastikan aspek layanan dan hak-hak pelanggan tetap menjadi perhatian,” tutup Franoto.

Press Release ini juga sudah tayang diVRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow WhatsApp Channel postsumatera.id untuk update berita terbaru setiap hariFollow

Berita Terkait

Bisnis Sewa Motor Masa Depan: Terhubung lewat 1 pintu, YourBestie
LindungiHutan Luncurkan E-book ‘Serba-Serbi Sustainable Finance’ Panduan Keuangan Berkelanjutan Indonesia
KAI Daop 8 Surabaya dan Railfans Malang Raya Hiasi HUT KA Gajayana ke-26
5 Ide Usaha Sampingan Karyawan untuk Dapat Tambahan
KAI Daop 8 Surabaya Wujudkan Kepedulian Melalui Bantuan Renovasi Sekolah
KAI Tambah Perjalanan Kereta Api untuk Dukung Mobilitas dan Wisata di Bulan November 2025
Bitcoin Terkoreksi di $109.000, Investor Bersiap Sambut Listing Token MET di Bittime
Demam Padel di Jakarta, Saat Olahraga Jadi Gaya Hidup Baru
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 6 November 2025 - 06:25 WIB

Bisnis Sewa Motor Masa Depan: Terhubung lewat 1 pintu, YourBestie

Kamis, 6 November 2025 - 06:12 WIB

LindungiHutan Luncurkan E-book ‘Serba-Serbi Sustainable Finance’ Panduan Keuangan Berkelanjutan Indonesia

Kamis, 6 November 2025 - 05:45 WIB

KAI Daop 8 Surabaya dan Railfans Malang Raya Hiasi HUT KA Gajayana ke-26

Kamis, 6 November 2025 - 03:36 WIB

5 Ide Usaha Sampingan Karyawan untuk Dapat Tambahan

Kamis, 6 November 2025 - 03:30 WIB

KAI Daop 8 Surabaya Wujudkan Kepedulian Melalui Bantuan Renovasi Sekolah

Berita Terbaru

News

5 Ide Usaha Sampingan Karyawan untuk Dapat Tambahan

Kamis, 6 Nov 2025 - 03:36 WIB