Post Sumatera                            Wujudkan Transformasi Digital, KAI Logistik Operasikan Command Center sebagai Pusat Kendali Operasional Terpadu

 

Wujudkan Transformasi Digital, KAI Logistik Operasikan Command Center sebagai Pusat Kendali Operasional Terpadu

- Penulis

Senin, 17 November 2025 - 19:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), menghadirkan Command Center sebagai pusat kendali digital untuk memantau dan mengoordinasikan seluruh aktivitas operasional perusahaan secara terintegrasi dan real-time. Inisiatif ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat transformasi digital KAI Logistik, guna meningkatkan efisiensi, ketepatan layanan, serta kualitas pengalaman pelanggan di seluruh jaringan logistik perusahaan.

Command Center KAI Logistik berperan sebagai pusat pengawasan terpadu yang memastikan seluruh kegiatan operasional berjalan aman, efisien, dan sesuai dengan standar layanan perusahaan. Melalui sistem yang terintegrasi, pusat kendali ini mampu memantau pergerakan kereta logistik, armada kendaraan operasional, serta aktivitas bongkar muat di terminal maupun kantor cabang kurir di berbagai wilayah. Seluruh data operasional terintegrasi dan ditampilkan secara real-time, sehingga proses pengendalian dan koordinasi lintas divisi, mulai dari operasional, perencanaan, hingga pelayanan pelanggan, dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

Heri Siswanto, Direktur Operasi KAI Logistik mengungkapkan “Lebih dari sekadar pusat pengendali operasional, Command Centermencerminkan komitmen KAI Logistik dalam memperkuat transformasi digital. Dengan mengintegrasikan berbagai sistem seperti Trucking Management System (TMS), Loko Track, Point of Sales (POS). Command Center berfungsi sebagai pusat analitik dan integrasi data yang memberikan insight komprehensif bagi pengambilan keputusan strategis perusahaan,”

Dari sisi teknologi, Command Center dilengkapi dengan berbagai perangkat digital pendukung, termasuk dashboard monitoring SLA (Service Level Agreement)pengiriman barang, dashboard inventori kontainer, integrasi CCTV di seluruh kantor cabang dan terminal, serta aplikasi call center yang terhubung langsung dengan layanan pelanggan. Melalui teknologi tersebut, Command Center mampu memantau indikator utama kinerja operasional seperti ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, utilisasi armada, tingkat pemenuhan SLA, hingga tingkat kepuasan pelanggan.

Command Center bukan sekadar ruang pemantauan, melainkan simbol komitmen KAI Logistik untuk terus bertransformasi menjadi perusahaan logistik yang modern, terintegrasi, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan,” tutup Heri.

Kehadiran Command Center tidak hanya memperkuat kinerja operasional KAI Logistik, tetapi juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan. Melalui sistem pemantauan digital yang terintegrasi, KAI Logistik mampu menekan emisi, mengoptimalkan sumber daya, meningkatkan keselamatan, dan memastikan transparansi dalam setiap proses logistik, sejalan dengan prinsip sustainable logistics yang efisien dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Preaa Release ini juga sudah tayang diVRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow WhatsApp Channel postsumatera.id untuk update berita terbaru setiap hariFollow

Berita Terkait

PalmCo, Subholding Holding Perkebunan Nusantara, Jadi “Pahlawan Baru” Ekonomi Rakyat
PTPP Raih Tiga Penghargaan Nasional: Perkuat Komitmen Inovasi dan Keberlanjutan dalam Mendukung Asta Cita Pemerintah
KAI Logistik Dorong Transformasi Logistik Hijau melalui Moda Kereta Api di ALFI Convex 2025
Tokocrypto Dianugerahi Penghargaan sebagai Kontributor Pajak Kripto Terbesar di Indonesia
Jalan & Jembatan Diperbaiki Gubernur Bobby, Mobilitas Jadi Lebih Cepat & Masyarakat Kepulauan Nias Sambut Dengan Suka Cita
Jelang Nataru, KAI Siagakan 735 Petugas Ekstra dan Material Siaga untuk Amankan Perjalanan Kereta Api
BRI Branch Office Gunung Sahari Region 6/Jakarta 1 Jalin Kerja Sama Strategis dengan PT. Berdikari
Kajari Terima Audensi & Sekaligus Bahas Acara Pelantikan FORWAKA Kabupaten Asahan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 17 November 2025 - 22:11 WIB

PalmCo, Subholding Holding Perkebunan Nusantara, Jadi “Pahlawan Baru” Ekonomi Rakyat

Senin, 17 November 2025 - 21:54 WIB

PTPP Raih Tiga Penghargaan Nasional: Perkuat Komitmen Inovasi dan Keberlanjutan dalam Mendukung Asta Cita Pemerintah

Senin, 17 November 2025 - 21:51 WIB

KAI Logistik Dorong Transformasi Logistik Hijau melalui Moda Kereta Api di ALFI Convex 2025

Senin, 17 November 2025 - 21:41 WIB

Tokocrypto Dianugerahi Penghargaan sebagai Kontributor Pajak Kripto Terbesar di Indonesia

Senin, 17 November 2025 - 21:35 WIB

Jalan & Jembatan Diperbaiki Gubernur Bobby, Mobilitas Jadi Lebih Cepat & Masyarakat Kepulauan Nias Sambut Dengan Suka Cita

Berita Terbaru