Post Sumatera                            HUT ke-80 KAI: Dari Rel Pertama, Menyatukan Negeri, Menuju Transformasi Digital dengan Semangat Melayani

 

HUT ke-80 KAI: Dari Rel Pertama, Menyatukan Negeri, Menuju Transformasi Digital dengan Semangat Melayani

- Penulis

Selasa, 23 September 2025 - 16:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sejarah perkeretaapian Indonesia dimulai pada 17 Juni 1864 di Semarang dan menemukan momentum penting pada 28 September 1945, ketika para pejuang kereta api mengambil alih Kantor Pusat Kereta Api di Bandung. Peristiwa bersejarah itu menandai lahirnya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) sekaligus ditetapkannya Hari Kereta Api Nasional. Dari rel pertama yang dibangun di masa kolonial, kereta api kini menjelma menjadi urat nadi transportasi bangsa yang menyatukan negeri.

“Sejak 28 September 1945, saat para pejuang kereta api mengibarkan bendera merah putih di kantor pusat Bandung, semangat itu terus hidup hingga kini. Dari semangat perjuangan itulah KAI menapaki jalan transformasi menuju layanan yang modern, inklusif, dan ramah lingkungan,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.

Delapan dekade kemudian, KAI bertransformasi menjadi perusahaan transportasi modern dengan layanan yang semakin digital, efisien, dan inklusif. Pemesanan tiket kini didominasi kanal digital melalui aplikasi Access by KAI, dengan 17,2 juta transaksi sepanjang Januari–Agustus 2025, atau 71,73% dari total penjualan tiket. Ekosistem layanan digital juga diperkuat dengan fitur carbon footprint, integrasi moda seperti KA Bandara, Commuter Line, KA Lokal, LRT, hingga kereta cepat Whoosh, serta penggunaan face recognition boarding gate di 22 stasiun besar.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Transformasi ini berjalan seiring dengan capaian kinerja yang solid. Sepanjang Januari–Agustus 2025, KAI Group melayani 328,05 juta pelanggan, tumbuh 8,51% dibanding periode yang sama tahun 2024. Sementara di sektor logistik, angkutan barang mencapai 45,26 juta ton, naik dari 45,07 juta ton pada periode yang sama tahun lalu. Angkutan batu bara masih menjadi andalan dengan volume 37,47 juta ton atau 82,8% dari total muatan, sebagai penopang utama energi nasional. Efisiensi juga terus ditingkatkan: di Jawa, satu rangkaian KA barang mampu menarik hingga 30 gerbong berkapasitas 42 ton, sedangkan di Sumatera Selatan dapat mencapai 61 gerbong dalam sekali jalan.

Baca Juga:  Jaksa & Pegawai Kejari Deli Serdang "Dibacok" OTK, Diduga Soal Penanganan Perkar

Keandalan layanan juga menjadi fondasi utama. Rata-rata ketepatan waktu (On Time Performance/OTP) KA penumpang Januari–Agustus 2025 tercatat 99,50% untuk keberangkatan dan 96,32% untuk kedatangan, menjadikan kereta api sebagai moda transportasi publik yang bisa diandalkan masyarakat.

Perjalanan 80 tahun telah membawa kereta api dari instrumen kolonial menjadi simbol perjuangan, pemersatu bangsa, sekaligus penggerak pembangunan. Kini, KAI melangkah ke masa depan dengan strategi berkelanjutan, digitalisasi layanan, modernisasi sarana, serta komitmen memperkuat peran sebagai mitra transportasi publik dan logistik yang aman, ramah lingkungan, dan inklusif.

“Dengan mengusung tema Semangat Melayani, HUT ke-80 KAI pada 28 September 2025 menjadi momentum untuk meneguhkan warisan sejarah sekaligus menyalakan optimisme baru. Inovasi digital, layanan ramah pelanggan, hingga penguatan logistik adalah komitmen KAI membawa bangsa ini melaju semakin jauh,” tutup Anne.

Komentar ditutup.

Follow WhatsApp Channel postsumatera.id untuk update berita terbaru setiap hariFollow

Berita Terkait

KAI Logistik Catat Pertumbuhan Positif Layanan Kurir KALOG Express Sepanjang 2025
Holding Perkebunan Nusantara Dukung Gerakan Hijau, PTPN I Bagikan Bibit Bambu di Rekkam Art Festival 2025
Direktur Utama KAI Tinjau Balai Yasa dan Dipo Manggarai, Perkuat Keselamatan dan Kesiapan Sarana Jelang Nataru
Cara Membuat Target Keuangan Tahunan yang Tidak Sekadar Wacana
Transaksi Produk Komoditas PTPN Group Capai USD 2,3 Miliar di Trade Expo Indonesia 2025
PT KAI Divre IV Tanjungkarang Raih Nilai Tinggi dalam Survei Kepuasan Pelanggan
Krakatau Steel Selesaikan Pembayaran Utang Restrukturisasi Lebih Cepat, Kinerja Keuangan Terus Membaik
LRT Jabodebek Ajak 1.200 Santri Kenali Transportasi Publik dan Profesi di Baliknya
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 31 Oktober 2025 - 04:49 WIB

KAI Logistik Catat Pertumbuhan Positif Layanan Kurir KALOG Express Sepanjang 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:53 WIB

Holding Perkebunan Nusantara Dukung Gerakan Hijau, PTPN I Bagikan Bibit Bambu di Rekkam Art Festival 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:50 WIB

Direktur Utama KAI Tinjau Balai Yasa dan Dipo Manggarai, Perkuat Keselamatan dan Kesiapan Sarana Jelang Nataru

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:48 WIB

Cara Membuat Target Keuangan Tahunan yang Tidak Sekadar Wacana

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:46 WIB

Transaksi Produk Komoditas PTPN Group Capai USD 2,3 Miliar di Trade Expo Indonesia 2025

Berita Terbaru