Post Sumatera                            HUT ke-80 KAI: Transformasi Berkelanjutan Wujudkan Komitmen "Semakin Melayani"

 

HUT ke-80 KAI: Transformasi Berkelanjutan Wujudkan Komitmen “Semakin Melayani”

- Penulis

Jumat, 26 September 2025 - 15:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 yang jatuh pada 28 September 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menegaskan kembali komitmennya untuk terus berevolusi dan meningkatkan kualitas layanan. Dengan mengusung semangat “Semakin Melayani”, KAI merefleksikan perjalanan transformatifnya dari masa sulit hingga menjadi pilihan utama transportasi masyarakat Indonesia.

“Perjalanan KAI hingga mencapai titik ini tidaklah mudah. Publik tentu masih ingat periode 1990-an hingga awal 2000-an yang menjadi masa sulit bagi perkeretaapian nasional. Citra kereta api yang identik dengan keterlambatan, anjlok, dan kelebihan kapasitas (overcapacity) sempat meruntuhkan kepercayaan publik,” ujar Anne Purba

Anne melanjutkan, Anne menyebutkan titik baliknya, terjadi pada tahun 2009 ketika reformasi besar-besaran dijalankan dengan disiplin ketat. KAI secara fundamental mengubah paradigmanya dari operation-centric menjadi customer-centric. Inisiatif seperti penerapan sistem tiket daring, penertiban sistem boarding, pembatasan penumpang sesuai kapasitas tempat duduk, hingga peningkatan keamanan dan budaya tepat waktu, berhasil mengubah wajah KAI dari “transportasi kelas bawah” menjadi moda transportasi yang aman, nyaman, dan andal.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Layanan digital hingga pemanfaatan teknologi terus dikembangkan oleh KAI untuk memberi pengalaman perjalanan yang baru, seamless, dan efisien bagi pelanggan,” tambah Anne Purba.

Komitmen ini dibuktikan melalui berbagai inovasi terdepan. Salah satunya adalah fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang kini telah tersedia di 22 stasiun besar di seluruh Indonesia. Selama periode Januari hingga Agustus 2025 saja, teknologi ini telah dimanfaatkan oleh 7.478.690 pelanggan, memberikan kemudahan dan mempercepat proses boarding.

Baca Juga:  Pemprov Sumut Pastikan Kesiapan Aquabike dan F1 Powerboat 2025

Kemudahan akses juga menjadi fokus utama. Kini, pemesanan tiket dapat dilakukan hingga H-45 sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, serta berbagai mitra penjualan daring resmi. Kehadiran platform-platform ini merupakan implementasi komitmen KAI terhadap inovasi digital dan aksesibilitas layanan.

Dari sisi kenyamanan, KAI terus berbenah. Saat ini, KAI tengah melakukan modifikasi pada kereta kelas ekonomi, mengurangi kapasitas dari 80 menjadi 72 kursi untuk memberikan ruang kaki (leg room) yang jauh lebih nyaman. Selain itu, KAI menargetkan revitalisasi 200 kereta kelas ekonomi serta pengadaan 612 unit kereta baru, melanjutkan program peremajaan 438 kereta yang telah dilakukan pada 2017.

Upaya transformasi ini terbukti membuahkan hasil positif dan diapresiasi oleh pelanggan. Indeks Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index/CSI) KAI terus menunjukkan tren peningkatan sejak tahun 2020. Pada Semester I tahun 2025, CSI KAI berhasil menyentuh angka 4,52 dari skala 5. Angka kepuasan ini menjadi cerminan nyata dari kepercayaan publik yang semakin menguat terhadap layanan KAI.

Di usianya yang ke-80, KAI bertekad untuk tidak berhenti berbenah, terus berinovasi, dan semakin melayani masyarakat Indonesia dengan layanan transportasi massal yang modern, andal, dan membanggakan.

Komentar ditutup.

Follow WhatsApp Channel postsumatera.id untuk update berita terbaru setiap hariFollow

Berita Terkait

Mengenal Fungsi dan Peran PSrE Indonesia dalam Keamanan Dokumen Digital
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Pekerjaan Jembatan Sebesar RP.3.298,380 ,00,00 Miliar di jalan .kongsi kecamatan . Patumbak ,
Gubsu Serahkan Ranperda APBD Sumut 2026, Fokus pada Lima Prioritas Pembangunan
Sulaiman Sosok Tepat Jadi Pj Sekda Provsu
Pertumbuhan Layanan KALOG Express Menguat, Pengiriman Motor Capai 105 Ribu Unit Hingga Triwulan III 2025
Tren Positif, Pembiayaan Investasi BRI Finance Capai 10,83% YoY per September 2025
Pekerja Yang Dikeluarkan Dari Dapur Prawira Merupakan Pekerja Relawan Tidak Bekerja Secara Profesional
KAI Logistik Dukung Peningkatan Keselamatan Jalur KA melalui Pengiriman Rel R.54 Seberat 380 Ton
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 6 November 2025 - 00:21 WIB

Mengenal Fungsi dan Peran PSrE Indonesia dalam Keamanan Dokumen Digital

Rabu, 5 November 2025 - 19:44 WIB

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Pekerjaan Jembatan Sebesar RP.3.298,380 ,00,00 Miliar di jalan .kongsi kecamatan . Patumbak ,

Rabu, 5 November 2025 - 19:10 WIB

Gubsu Serahkan Ranperda APBD Sumut 2026, Fokus pada Lima Prioritas Pembangunan

Rabu, 5 November 2025 - 16:32 WIB

Sulaiman Sosok Tepat Jadi Pj Sekda Provsu

Rabu, 5 November 2025 - 13:44 WIB

Pertumbuhan Layanan KALOG Express Menguat, Pengiriman Motor Capai 105 Ribu Unit Hingga Triwulan III 2025

Berita Terbaru

News

Sulaiman Sosok Tepat Jadi Pj Sekda Provsu

Rabu, 5 Nov 2025 - 16:32 WIB